Search This Blog

Benua Antartika Sudah Mulai Mencair Drastis

 

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa hamparan es di benua Antartika mulai mencair. Mencairnya lapisan es itu kasat mata karena pencairan terjadi di lapisan bawah.

Mencairnya lapisan es ini dapat menyebabkan air dari es tersebut bergerak ke arah laut, yang memberikan kontribusi langsung terhadap meningkatnya permukaan air laut.

Penelitian ini juga menemukan bahwa rata-rata, lapisan es di Antartika atau benua yang meliputi kutub selatan Bumi ini menipis sekitar 50 centimeter per tahun.

Namun penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science ini juga mengungkap bahwa di beberapa wilayah penipisan itu terjadi jauh lebih cepat, yakni sebesar 100 meter per tahun.

"Perubahan ini lebih cepat dan lebih besar daripada apa yang bisa diantisipasi manusia," tukas Eric Rignot, penulis studi ini dan peneliti di University of California, seperti dikutip Livescience.

Lapisan es ini mencair ketika air laut di bawahnya menjadi hangat. Dalam kasus ini, Rignot menyatakan bahwa pencairan bukan disebabkan pemanasan bertahap dari air laut karena perubahan iklim, tetapi karena perubahan sirkulasi air laut yang membawa air hangat dari lepas pantai.

Namun Rignot menyatakan penyebab pastinya masih diperdebatkan karena kurangnya data dan sulitnya untuk melakukan pengukuran.

Meskipun sebagian besar dari lapisan es di Antartika tidak banyak berubah karena pencairan, ada beberapa hot spot dengan perubahan sangat dramatis dan telah menjadi penyebab dari naiknya permukaan air laut.

Bayangkan apa yang bakal terjadi dengan permukaan air laut dunia jika pencairan ini terjadi terus-menerus dalam beberapa tahun ke depan.

0 comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI PERSONAL BLOG DARY PRADIPTA